TUGAS, TANGGUNG JAWAB DAN PELUANG BISNIS MAHASISWA

Menurutmu apa tugas dan tugas mahasiswa? Dan bagaimana pula peluang mahasiswa untuk berbisnis?
Dalam hal ini mahasiswa sangat berperan aktif dalam melaksanakan segala sesuatu yang menyangkut dirinya dan orang lain. Masyarakat menganggap bahwa mahasiswa itu adalah salah satu aktor penting dalam pendidikan dan dunia pekerjaan yang akan mereka hadapi nantinya. Disini mahasiswa dituntut untuk melakukan tugas dan bertanggung jawab apa yang telah mereka lakukan esok harinya. Setelah melakukan suatu tugas dan tanggung jawab barulah mereka akan mendapatkan peluang dalam bekerja atau berbisnis itu lebih banyak.

Tugas seorang mahasiswa sebenarnya sangatlah mudah. Akan tetapi banyak mahasiswa yang hanya mengganggap tugas dari seorang mahasiswa itu semeh, bahkan mereka jarang melakukannya. Mahasiswa memiliki tugas hanyalah belajar, belajar, dan belajar. Mereka dituntut untuk belajar sesuai dengan apa yang telah mereka pilih sejak awalnya pemilihan prodi. Belajar itu sendiri untuk menambah wawasan bahwa pengetahuan itu tiada habisnya untuk dipelajari. Dari wawasan itu sendiri bisa berguna untuk masa kedepannya yang akan datang. Dengan wawasan yang luas dan banyak, mahasiswa dapat lebih mudah untuk memeprkirakan kemungkinan kemungkina terkecil dalam mencari perkerjaan contohnya. Wawasan yang luas itu berguna juga untuk mengembangkan dan mengimpletasitan suatu wawasan itu sendiri pada unia pekerjaan yang nantinya para mahasiswa akan terjun ke dunia yang seperti itu. 
http://gallery.mailchimp.com/144cc0441b805033c4e12dd92/images/two_puzzle_pieces_coming_together_pc_1600_clr.pngTidak hanya dengan wawasan dari pendidikan formal. Akan tetapi lebih arif jika seorang mahasiswa juga memdapatkan wawasan yang lebih dari bersosialisasi, berorganisasi, membuka diri untuk umum dalam hal mengikuti kegiatan dan mendapatkan pengalaman yang mungkin akan membantu kita dalam mengaplikasikan aapa yang kita bawa dari pendidikan formal menjadi sesuatu yang loyal. Dengan mengikuti organisasi atau kegiatan kegiatan yang berguna, mahasiswa dapat  belajar akan arti pengalaman. Kemungkinan dalam mengikuti kegiatan seperti itulah mahasisw mendapatkan cerita cerita dari orang orang yang telah berpengalaman dengan peliknya dunia pekerjaan. Seperti halnya seorang mahasiswa yang telah alumni dan membagi ilmunya kepada kita bahwa dia tidaka hanya dengan pendidikan formal, tetapi social dalam masyarakat itu juga penting dalam hal seperti itu.


Apa tanggung jawab seorang mmahasiswa itu? Apakah anda sebagai seorang mahasiswa mengetahuinya? Mari kita bahas disini. Tanggung jawab seorang mahasiswa adalah seperti asal kata dari mahasiswa itu sendiri, “Maha” dan “Siswa”. “Maha” yang artinya tingkatan lebih tinggi dan “Siswa” yang artinya orang yang belajar(pelajar; murid; anak didik). “Mahasiswa” itu sendiri artinya orang yang belajar di perguruan tinggi. Perbedaan dengan tingkatan yang dulu seorang pelajar dan kini menjadi mahasisw itu juga ada konsekuensinya. Mahasiswa harus lebih bisa mengatur segala sesuatunya sendiri, bukan dituntun oleh orang tua dan guru lagi. Mahasiswa harus berfikir lebih dari cara berfikir pelajar. Segala aspek pembelajarannya tidak harus dituntun, melainkan secara tidak sadar mereka harus mau memulai untuk belajar sendiri tanpa instruksi. Dalam lingkungan bermasyarakat mahasiswa dituntutdan diajarkan untuk peduli. Peduli antar mahasiswa dan peduli kepada masyarakat sekitar. Maka dari situlah mahasiswa tidak boleh mementingkan pembelajaran akademik saja melainkan non akademik seperti halnya yang disebutkan pada tugas mahasiswa. Dengan cara berfikir yang baik dan intelektual yang tinggi diharapkan mahasiswa menjadi yang tebaik dalam bermasyarakat serta kepedulian yang tinggi.

https://ultimatesammy.files.wordpress.com/2013/06/standout.jpgPeluang mahasiswa dalam dunia pekerjaan? Apa itu? Seseorang dengan tanpa gelar sarjana pun bisa mencari pekerjaan dengan mudahnya. Akan tetapai apabila seseorang mendedikasikan diri untuk menuntut ilmu lebih tinggi diperguruan tinggi maka untuk mencari peluang atau kesempatan bekerja dan berbisnis itu lebih banyak dibandingkan tidak. Dengan mahasiswa sebagai actor pendidikan dan pekerjaan maka akan dengan mudah pula untuk menuju dunia perbisnisan. Akan ttapi untuk berbisnis maupun usaha itu tidaklah mudah untuk mencapainya, harus dengan keyakinan dan kemampuan komunikasi untuk mencari channel dan lain sebagainya.






Mental dan kepribadian yang kuat yang akan berpengaruh dalam menjalankan usaha atau bisnis. Bagi orang yang bermental kurang percaya diri maka akan sedikit sulit untuk menciptakan suatu usaha atau bisnis. Pemberani dan gigih itu kuncinya. Relasi dengan teman teman juga yang akan membantu suatu saat yang kita butuhkan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebijakan Teknologi Informasi (IT Policy)

Perbandingan antara model bisnis tradisional dan online/digital